Bangka Tengah Punya Laboratorium Pos Kesehatan Ikan Terpadu (Posikandu) Pertama di Babel

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Tengah – Pos Kesehatan Ikan Terpadu atau disebut Posikandu Bangka Tengah yang dibangun sejak 2022 lalu tepatnya di samping Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, kini telah rampung dan sudah dapat digunakan.

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Imam Soehadi mengatakan, dibangunnya Posikandu ini merupakan tempat laboratorium yang akan digunakan sebagai wadah pengembangan serta peningkatan pelayanan pada sektor perikanan di Bangka Tengah.

“Posikandu yang dibangun di Bangka Tengah ini adalah satu-satunya dan pertama kali ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkapnya kepada Bekawan.co.id, Rabu (18/1/2023).

Ia menyebutkan, posikandu tersebut dapat digunakan oleh seluruh masyarakat khususnya Bangka Tengah untuk melakukan pemeriksaan terhadap ikan ataupun udang yang sakit.

“Tidak hanya itu saja, laboratorium ini juga menjadi tempat pengujian dan pemantauan pada kualitas air untuk pembudidaya ikan,” jelasnya.

Melalui Posikandu ini, pihaknya pun siap untuk bermitra dengan masyarakat, pelaku usaha dan pelaku industri perikanan yang ada di Bangka Tengah.

“Adapun prosedurnya untuk mendapatkan pelayanan Posikandu ini, masyarakat bisa melaporkan atau bisa langsung membawa sampel ikan maupun udang yang sakit tersebut guna dilakukan tindakan pengobatan dll,” jelasnya.

“Kedua, petugas kami yang akan stand by untuk jemput bola atau datang ke lapangan guna melakukan pemantauan dan pengecekan secara langsung,” sambungnya.

Imam juga menyampaikan 7 bentuk pelayanan yang dapat dilakukan di Posikandu Bangka Tengah ini.

“Saat ini kami sedang menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap pelayanan-pelayanan yang dimaksud,” ucapnya.

“Dalam pelayanan dan operasional serta optimalisasi Posikandu ini, kami akan berkoordinasi dan bermitra dengan sejumlah instansi,” jelasnya.

Adapun 7 bentuk pelayanan yang nantinya bisa diakses di Posikandu Bangka Tengah, antara lain ;

1. Pembinaan dan pemantauan hama penyakit ikan dan lingkungan

2. Pemeriksaan kualitas perairan budidaya (insitu dan laboratorium)

3. Pemeriksaan dan atau diagnosa penyakit ikan (klinis dan laboratoris)

4. Pemeriksaan residu parameter tertentu

5. Konsultasi Kesehatan Ikan dan Lingkungan

6. Vaksinasi ikan

7. Penyediaan Obat Ikan terdaftar.

Ia berharap, kedepannya pelayanan di Posikandu tersebut dapat diakses secara gratis oleh masyaraka.

“Untuk masyarakat pembudidaya ikan skala kecil kami upayakan gratis sebagai bentuk pelayanan prima, tepat waktu, tepat sasaran, dan mudah dijangkau,” tutupnya. (Robie).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *