Berkat Dukungan Penuh Masyarakat di Airgegas, Festival Telok Herujo Berjalan Sukses & Meriah

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Kesuksesan Festival Telok Herujo pada Rabu (15/2) kemarin sebagai salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 20 Kabupaten Bangka Selatan (Basel) tahun 2023 tidak lepas dari dukungan penuh masyarakat di Desa Airgegas.

Apalagi acara sebesar ini bisa dibilang sangat mendadak, yang membutuhkan waktu hanya dua minggu. Setelah rapat di kantor kecamatan beberapa pekan lalu dan diputuskan Airgegas kembali menjadi tuan rumah, pemerintah desa setempat bersama perangkat, BPD dan masyarakat langsung tancap gas.

Segala sesuatunya mulai disusun oleh pemerintah desa dengan membentuk kepanitiaan acara. Hasilnya, 150 orang ditetapkan menjadi panitia. Dan dibagi sesuai tugas masing-masing. Ratusan orang ini mulai bergegas melakukan pekerjaannya dengan semangat tinggi, bersama-sama dan bergotong-royong.

Semangat yang menggebu ini tercipta karena acara warisan budaya takbenda itu sudah sangat dinanti-nantikan oleh seluruh lapisan masyarakat Airgegas. Mengingat sudah dua tahun lamanya, acara rutin tahunan yang biasa digelar tersebut tidak dilaksanakan akibat dunia dilanda pandemi Covid-19.

Dan terbukti, festival tersebut berjalan meriah, aman, lancar dan tertib sesuai harapan bersama. Hal ini saangat diapresiasi oleh Kades Airgegas Masri ketika dikonfirmasi pada Kamis (16/2) pagi. Masri mengucapkan terima kasih atas kontribusi seluruh panitia yang semuanya berasal dari Desa Airgegas.

“Alhamdulillah acara ini berjalan lancar, aman dan sukses sesuai harapan kami bersama. Saya tak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Pak Bupati, Ibu Wabup, Pak Sekda, Ibu Ketua PKK dan jajaran serta seluruh stakeholder terkait yang sempat vakum karena covid,” ujarnya.

“Terima kasih atas semua panitia yang terlibat dalam menyukseskan acara ini, masyarakat, kecamatan, Dishub, TNI, Polri, Satpol PP sehingga berjalan tidak ada hambatan. Begitu pula antusias peserta yang mengikuti festival ini dan masyarakat yang hadir dari pagi dan memeriahkan acara ini,” ujarnya.

Namun dalam hal ini, ia menyampaikan permohonan maaf juga apabila pada festival yang diikuti oleh 51 peserta dari tingkat SD hingga Umum itu masih banyak kekurangan. Akan tetapi dirinya berharap semoga di tahun mendatang, festival ini dapat terus dilaksanakan dengan konsep acara yang lebih besar.

“Harapan saya arak-arakan telok herujo ini dapat terus dilaksanakan, dirawat dan dilestarikan, dapat dipertahankan kemurniannya, ada batang pisang, telur dan hiasan. Khususnya dari generasi pemuda-pemudi di Desa Airgegas dan se Kecamatan Airgegas umumnya baik melalui festival atau kegiatan di desa,” harapnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *