Desa Celagen Jadi Tuan Rumah Rakercab Abpednas Basel

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan rapat kerja cabang (Rakercab) tahun 2023.

Rakercab yang diselenggarakan pada tanggal 19-20 Maret 2023 di Desa Celagen, Kecamatan Kepulauan Pongok kemarin dihadiri oleh sebanyak 115 orang Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Basel. Dan dibuka langsung oleh Camat Kepulauan Pongok Budiawan.

“Kalau dari rakercab kemarin komitmen mereka pengawalan APBDes di setiap desa masing-masing. Arahan kemarin BPD kecamatan bersama-sama mengawal APBDes di tahun 2023, jangan sampai ada kendala, BPD tidak mengetahui. Kalau BPD lebih tahu, bisa koordinasi ke kecamatan,” ujarnya.

Begitupun sebaliknya, kata Budiawan ia akan berkoordinasi dengan pihak desa khususnya di Kepulauan Pongok kalau nantinya menemukan sesuatu di luar aturan dalam menggunakan keuangan negara. Koordinasi dan kolaborasi ini dilakukan agar potensi penyimpangan di desa bisa diminimalisir dengan baik.

Sementara itu, Ketum DPC Abpednas Basel Husriyanto rakercab ini memang setiap satu tahun sekali. Sebernarnya, agenda ini dilaksanakan setelah Hari Ulang Tahun (HUT) Abpednas pada 29 Maret 2023 mendatang, namun karena berbenturan dengan bulan puasa maka dipercepat pada dua hari kemarin.

“Tujuan kami melaksanakan rakercab ini untuk menyusun program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. Salah satunya kami akan menggelar bimtek baik di dalam atau luar daerah, rencananya setelah HUT Abpednas yang bersifat mandiri dan terpisah dari Apdesi,” ujar Ketum Husriyanto.

Rencana bimbingan teknis (Bimtek) terpisah dengan agenda Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) ini dilakukan kualitas sumber daya manusia (SDM) BPD kian meningkat. Ilmu dan wawasan dalam mengawal APBDes dapat dimiliki tiap anggota BPD di masing-masing desa.

“Karena selama ini yang kami rasakan bahwa setiap bimtek dengan apdesi, rata-rata materinya tentang pemdes dan sangat sedikit berbicara tentang BPD, tugas pokok, fungsi serta peran kami di desa. Jadi kami merasa tidak terlalu dilibatkan walaupun bersama mereka kami bimteknya,” ungkapnya.

Selain itu, dalam rakercab itu pihaknya juga membahas tentang perayaan HUT Abpednas yang rencananya akan digelar di Desa Nyelanding, Kecamatan Airgegas pada tanggal 10 Mei 2023. Lalu dilanjutkan dengan Musyawarah Cabang (Muscab) pemilihan ketua dan pengurus baru DPC Abpednas Basel.

“Untuk agenda perayaan HUT di Desa Nyelanding, rencana kami akan undang Ketum Abpednas Pusat dan setelah agenda itu, kami akan melaksanakan muscab pemilihan kepengurusan baru untuk periode selanjutnya. Keinginan saya akan ada orang-orang muda yang melanjutkan Abpednas ini,” katanya.

“Karena kami butuh orang-orang muda yang cekatan, responsif dan tegas guna mengawal dana desa di Basel ini agar sesuai peruntukan dan aturan yang berlaku. Dan di rakercab kemarin, kami juga melaksanakan Abpednas Peduli untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya.

Selain itu, lebih lanjut dikatakan lekaki yang menjabat sebagai Ketua BPD Gadung, Kecamatan Toboali itu bahwa Abpednas peduli selalu dilaksanakan di setiap kegiatan mereka. Ini berasal dari sumbangsih kawan-kawan BPD secara sukarela dan seikhlasnya kemudian disalurkan melalui BPD setempat.

“Biasanya kami selalu ada kegiatan ini, kami sumbangan dan diserahkan lewat BPD tempat kami melaksanakan acara. Dan perlu diketahui juga setiap acara yang kami laksanakan murni digelar secara swadaya tanpa bantuan pihak manapun dan alhamdulillah kawan kita BPD se Basel kompak,” imbuhnya.

Husriyanto berharap melalui kegiatan rakercab kemarin pelaku UKM di Desa Celagen dapat terdongkrak secara ekonominya dengan banyaknya produk yang mereka jual dibeli kawan-kawan BPD. Serta potensi yang ada di desa ini dapat diketahui luas masyarakat luas khususnya lingkup Basel terlebih dulu.

Sementara itu, Ketua BPD Celagen Safarudin Erika mengapresiasi seluruh jajaran Ketua dan Pengurus Abpednas Basel yang telah menggelar rakercab di desanya. Dia membenarkan rakercab dua ini dilaksanakan untuk menyusun program kerja, mengabdi dan menata kelola desa sesuai tugas pokok fungsi.

“Banyak hal yang dibahas di rakercab kemarin yang difasilitasi BPD Celagen. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dari 115 BPD se Badel yang sudah datang jauh-jauh ke desa kami. Termasuk Pak Camat, Pemdes Pongok dan Celagen yang turut memeriahkan rangkaian acara ini,” ujar Safarudin.

“Alhamdulilah pelaku UKM di desa kita terbantu dengan raker ini, termasuk di Pongok. Semoga di lain hari ada lagi kegiatan dan kami siap melaksanakan. Kemudian program Abpednas Peduli hasil sumbangsih kawan-kawan sudah kita salurkan kepada yang berhak menerima, insya allah bermanfaat,” ujarnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *