Dinas PMD Basel Serahkan Sertifikat Pemenang Lomba Desa & Kelurahan

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengumumkan hasil lomba tingkat desa dan kelurahan pada tahun 2022. Penyerahan hadiah digelar pada Rabu (1/2) di kantor Dinas PMD.

Dari hasil penilaian yang dilaksanakan secara objektif, Desa Irat, Kecamatan Payung berhasil meraih juara pertama disusul Airbara, Kecamatan Airgegas dan Rias Kecamatan Toboali berada di peringkat ketiga. Sementara, Toboali berhasil meraih juara pertama untuk kategori lomba tingkat kelurahan.

Saat dikonfirmasi pada Kamis (2/2) di ruang kerjanya Kepala Dinas PMD Basel Reza Fahlevi mengatakan lomba tingkat desa dan kelurahan tahun 2022 itu dilakukan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa kelurahan.

“Jadi ini lomba desa, kelurahan tingkat kabupaten tahun 2022 yang memang baru kita serahkan hasilnya kemarin. Untuk pemenang lomba desa tingkat kabupaten pertama Irat, dua Airbara dan tiga Rias. Kalau lomba kelurahan, yang meraih juara pertama Kelurahan Toboali,” ungkap Kadis PMD Reza.

Reza mengatakan lomba ini diikuti oleh 50 desa dan 3 kelurahan yang ada di Basel. Untuk sistem penilaiannya sendiri dilakukan sesuai indikator yang ada di dalam Permendagri Nomor 81 tahun 2015. Ia berharap melalui lomba desa dan kelurahan ini, meningkatkan sistem pemerintahan yang lebih baik.

Transparan, akuntabel dan memotivasi kepala desa dan perangkatnya dalam membawa kemajuan daerah sehingga pemerataan pembangunan dan taraf perekonomian masyarakat semakin meningkat. Untuk itu dirinya mengucapkan selamat kepada desa dan kelurahan yang berhasil menang.

“Lomba ini berjenjang dari tingkat kalau melihat amanat permendagri, mulai di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional. Lomba dibuat sebagai wujud evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan oleh pusat dan daerah,” jelasnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *