Dua Malam Kemarin, DLH Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Simpang 5

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Instansi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang pengelolaan sampah di kawasan Simpang Lima, Jl Jenderal Sudirman Kota Toboali.

Sosialisasi yang dilaksanakan selama dua hari di tanggal 27-28 Januari 2023 kemarin melibatkan puluhan orang dari pelbagai komunitas. Mulai dari Anak Balai Wisata, Duta Genre, Duta Anak dan komunitas lainnya. Hal ini disampaikan langsung oleh Kabid Persampahan Dinas LH Basel Agung.

Seizin Kepala DLH Basel Hefi Nuranda, dia berujar kegiatan ini dilaksanakan selain untuk memeriahkan Hari Jadi ke-20 Basel, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah khususnya di kawasan Simpang Lima yang saat ini menjadi pusat keramaian.

“Kian hari semakin banyak pengunjung yang datang ke Simpang Lima Toboali sehingga kami lihat dengan antusias di sini, otomatis sampah yang dari pelaku UKM makin bertambah. Oleh karena itu kegiatan kita laksanakan dua malam di sini, dengan metode balon dan jajanan khas suasana ulang tahun,” ujarnya.

“Karena momentum hari jadi Basel, kita coba mengadopsi metode seperti pada acara ulang tahun, ada balon, jajanan atau snack dan kita serahkan kepada anak-anak pengunjung. Kami harapkan melalui edukasi metode seperti itu pesan untuk pengelolaan sampah itu dapat sampai ke seluruh masyarakat Basel,” katanya.

Di samping itu, kawasan Simpang Lima terkadang dipenuhi sampah bercampur baik organik dan an organik ini menjadi PR bersama untuk ditangani. Sehingga ke depan melalui sosialisasi seperti ini masyarakat sudah mengetahui mana sampah an organik dan dapat di buang di tong sampah yang sudah disiapkan.

“Kesadaran masyarakat buang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan sudah cukup baik, tetapi pemilahan ini mereka belum tahu metode 5R dalam mengelola sampah. Maka dari itu saya harap lewat aksi ini, khususnya ibu-ibu bisa memilah sampah ke depan dari sumbernya, rumah tangga,” jelasnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *