Ini Harapan Askandi kepada 50 KPM Penerima BLT

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Pemdes Bukit Terap, Kecamatan Tukaksadai, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) beberapa waktu lalu juga telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 1 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) seperti desa lainnya.

Ketika dimintai konfirmasi pada Senin (20/3) pagi, Kades Bukit Terap Askandi mengungkapkan 50 KPM penerima BLT tahap 1 itu menerima uang tunai senilai Rp900 ribu. Untuk periode bulan Januar-Maret 2023. Mereka yang dapat BLT, kata Askandi adalah masyarakat yang masuk kategori miskin ekstrem.

“Untuk BLT tahap satu periode Januar, Februari dan Maret sudah disalurkan ke 50 KPM di Desa Bukit Terap. Mereka yang menerima BLT kategori miskin ekstrem dengan spesifikasi lanjut usia, sudah tidak bisa bekerja lagi, sakit menahun dan lain sebagainya sesuai amanat peraturan pusat,” ungkapnya.

Askandi mengatakan, kuota penerima BLT di tahun ini sedikit berkurang kalau dibandingkan pada tahun 2022 sekitar 91 orang. Hal ini juga sesuai aturan dari pusat yang meminta pemdes mengalokasikan anggaran sebesar 25 persen Dana Desa (DD) untuk penerima bantuan masyarakat miskin ekstrem.

“Kalau tahun lalu alokasinya 40 persen, dan bunyi arahannya untuk terdampak covid, tahun ini tidak, hanya untuk yang miskin ekstrem. Makanya penerima berkurang 41 orang dari 91 menjadi 50. Mereka yang menerima ini sudah kami survei terlebih dahulu, musyawarah dan ditetapkan bersama,” ungkapnya.

Askandi berharap, bantuan uang tunai yang telah diterima pada 7 Maret 2023 lalu dapat bermanfaat bagi penerima. Kemudian digunakan sebaiknya untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga, bukan dibelikan barang tidak penting apalagi momentum bulan suci Ramadan 2023 sudah tidak lama lagi.

“Untuk tahap dua masih pengajuan dan kalau sudah masuk anggarannya ke rekening desa maka akan segera kami salurkan untuk periode tiga bulan sama yaitu, bulan April, Mei dan Juni. Kalau kuota penerima tetap sama, tapi kami melihat aturan dan anggaran, kalau bisa, ya kita akan tambah,” imbuhnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *