Example floating
Example floating
Bangka Selatan

Jebol Metrologi Basel Ramaikan Program Aik Bakung

×

Jebol Metrologi Basel Ramaikan Program Aik Bakung

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Bangka Belitung (Babel) membuka pelayanan tera keliling gratis (Teralis).

Layanan ini dibuka Tim UPT Metrologi di lapangan sepak bola Desa Kepoh, Kecamatan Toboali meramaikan sentra layanan publik dalam program Ajak Bupati Kite Sambang Kampung (Aik Bakung) yang ketiga kalinya. Di mana berlangsung selama dua hari pada tanggal 30-31 Januari Tahun 2023.

Example 300x600

“Jadi dalam teralis ini kami membuka pelayanan pengujian keakuratan alat ukur seperti timbangan dan lainnya yang digunakan oleh masyarakat untuk berdagang dan bisnis. Itu harus ditera ulang sebelum digunakan,” ujar Kepala UPT Metrologi Disperindagkop dan UKM Basel R Rama Karnamulana.

“Sebab alat ukur itu ada beberapa jenis ada timbangan pegas, elektronik, dacin yang biasanya digantung. Untuk menguji keakuratan dan kebenaran dari alat ukur itu kita sudah siapkan alat dalam kegiatan teralis ini yang standar dan sudah dikalibrasi di Direktorat Metrologi,” sebut Rama Karnamulana.

Selain membuka layanan di lapangan sepak bola Desa Kepoh, pihaknya juga melakukan aksi jemput bola (Jebol) dengan mendatangi para pelaku usaha dengan menggunakan alat ukur ke tempatnya masing-masing. Sedikitnya ada 15 unit alat ukur milik masyarakat yang ditera ulang dalam program teralis tersebut.

“Alhamdulillah dari 15 unit alat ukur yang kami tera ulang kalau mengurangi angka, tidak ada temuan ke arah situ. Tapi memang ada beberapa yang tidak akurat, karena mungkin alat ukur sudah digunakan terlalu lama atau dimakan usia tetapi tidak dikalibrasi sehingga kondisi itu terjadi,” beber Rama.

“Jadi bukan sengaja dikurangi tetapi saya rasa itu karena tidak dikalibrasi saja, kita hadir di sini untuk memberi layanan itu. Kalau ada temuan tidak akurat mereka pemilik alat langsung kita arahkan untuk memperbaiki ke tempat yang bisa memperbaiki itu di Kota Toboali,” dia menambahkan.

Dia berharap, melalui program teralis ini masyarakat dapat lebih memahami akan pentingnya tera ulang dan kalibrasi dalam penggunaan alat ukur. Sehingga keakuratan alat ukur yang digunakan para pelaku usaha dapat terus terjaga agar transaksi jual beli di masyarakat semakin membaik.

Turut hadir pada kegiatan yang dikomandoi langsung oleh Kepala Disperindagkop dan UKM Basel M Ikbal itu Kasubag TU UPT Metrologi Legal Riswanda. Penera Della Olivia, Andriyani, Welli Ariana, Pengawas Kemetrologian Suhufa Alfarisa, Pengamat Tera Asmat Leonardo, PHL Hendi dan Pranata Laboratorium Wardatul Jannah, Staf Dio Zahrian.(hanxiao)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *