Lantik 193 CPNS, Molen Minta Pegawai Tak Terpaku Rutinitas Kerja

0
Share

Bekawan.co.id, Pangkalpinang–Seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung diminta untuk bekerja secara maksimal. Hal ini sebagai upaya untuk melayani masyarakat agar lebih baik.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, kerja pegawai jangan sampai hanya sekadar rutinitas biasa.

Tetapi harus lebih meningkatkan produktivitas demi peningkatan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Caranya dengan mengubah rutinitas menjadi produktivitas, layaknya berinovasi melakukan terobosan.

“Terus berinovasi dan tidak terjebak dengan rutinitas,” kata dia kepada media Bekawan.co.id, Kamis (2/3/2023).

Molen juga berujar, sebagai aparatur sipil negara atau ASN sudah semestinya untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan.

Terpenting etika seorang ASN harus melekat pada setiap diri pegawai masing-masing. Sebab, suatu keberhasilan yang hendak dicapai tergantung dari kemauan setiap pegawai.

Menurutnya tak perlu terlalu banyak memikirkan program kerja. Kalaupun sedikit, yang terpenting harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Artinya, semua program yang disusun harus menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat Kota Pangkalpinang saat ini.

“Terus senantiasa meningkatkan pengetahuan wawasan kepribadian dan etika selaku pegawai negeri sipil yang harus melekat. Keberhasilan sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan setiap pegawai,” tegas Molen.

Dia menilai bahwa saat ini banyak sekali potensi ekonomi dan program yang bisa dikembangkan di daerah. Hal itu tidak akan terangkat apabila pegawai terjebak pada rutinitas keseharian di pemerintahan. Apabila dikembangkan, potensi ekonomi itu bisa memajukan sebuah daerah.

Di sisi lain, para pegawai juga perlu mengoptimalkan tugas yang diberikan dan dibebankan kepada mereka.

Oleh karenanya, perlu peningkatan kualitas diri ke depan seiring dengan kemajuan teknologi. Supaya para ASN tidak mengalami gagap teknologi atau gaptek. Karena nantinya informasi akan menjadi ruang tak terbatas dan menyentuh seluruh sendi kehidupan masyarakat. Karenanya ini untuk menjawab keseluruhan tantangan,” ujarnya.

Kendati demikian kata Molen, dirinya berharap segenap pegawainya segera membenahi diri, dan meningkatkan kualitas diri.

Terlebih pentingnya semangat kerja, karena dalam semangat itu, harus mengutamakan kebersamaan, tidak membedakan posisi struktural.

Dan yang diutamakan adalah mampu berkoordinasi, serta dapat membaca dinamika yang berkembang di masyarakat.

Sehingga permasalahan di tengah masyarakat dapat segera diselesaikan dan diberikan solusi yang tepat untuk penanganannya.

“Dengan mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi, ini guna mendukung kebijakan serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik,” kata Molen.

Reporter : Putri Anggun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *