SIDOLPIN jadi Finalis Terbaik Inovasi Pelayanan Publik 2023, Algafry : Solusi Nyata Untuk Masyarakat

0

SIDOLPIN, Aplikasi teknologi yang memanfatkan GPS yang dapat diakses para nelayan saat mereka berlayar, dan bisa memudahkan menemukan titik kumpul ikan (fishing ground).

Share

BEKAWAN.CO.ID, BANGKA TENGAH – Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan (SIDOLPIN), yang merupakan inovasi unggulan yang digagas oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, menoreh prestasi sebagai finalis TOP Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan Kementerian, Lembaga Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD tahun 2023.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, mengungkapkan rasa bangganya dan terharu atas pencapaian prestasi tersebut.

“SIDOLPIN ini menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan. SIDOLPIN sendiri merupakan sebuah aplikasi teknologi yang memanfatkan GPS yang dapat diakses oleh para nelayan saat mereka berlayar, sehingga memudahkan mereka dalam menemukan titik kumpul ikan (fishing ground),” ujar Algafry kepada Bekawan.co.id, Jumat (23/6/2023).

Algafry sangat mengapresiasi inovasi-inovasi seperti SIDOLPIN yang dirancang sesuai perkembangan zaman dan menjadi solusi nyata dalam mengatasi persoalan masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi, perlu dicatat bahwa SIDOLPIN merupakan komitmen kami bersama untuk hadir di tengah-tengah masyarakat khususnya di Bangka Tengah,” ucapnya.

SIDOLPIN terpilih sebagai salah satu dari 52 finalis inovasi pelayanan publik terbaik di seluruh Indonesia. Pencapaian ini menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Bangka Tengah.

“Keberhasilan ini menjadi bukti nyata keberhasilan serta keseriusan kinerja Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam mensejahterakan masyarakat khususnya di sektor perikanan tangkap,” tuturnya.

“Pengakuan ini adalah konkritisasi visi dan misi Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Keberhasilan ini saya persembahkan kepada seluruh masyarakat Bangka Tengah, terutama para nelayan yang menjadi tulang punggung perekonomian lokal dan pahlawan protein bangsa,” tambahnya.

Dengan prestasi ini, Kabupaten Bangka Tengah semakin menunjukkan komitmennya dalam mendorong inovasi pelayanan publik yang berdampak langsung bagi masyarakat. SIDOLPIN memberikan harapan baru bagi para nelayan, meningkatkan efisiensi penangkapan ikan, dan berkontribusi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kabupaten Bangka Tengah terus berkomitmen untuk terus berinovasi dan bekerja keras dalam mencapai visi pembangunan yang berkelanjutan, dengan tujuan utama mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berdaya saing,” ujarnya.

Keberhasilan SIDOLPIN juga menjadi bukti bahwa Kabupaten Bangka Tengah berada di jalur yang benar dalam menghadapi tantangan globalisasi dan era digital.

“Dalam era yang semakin terhubung secara digital, pemerintah daerah harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya secara optimal untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan merupakan tugas saya sebagai bupati untuk mendorong lahirnya kreatifitas dan inovasi seperti ini,” imbuhnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *