Ulama se-Kota Pangkalpinang Dukung Pembangunan Masjid Agung Kubah Timah

0
Share

Bekawan.co.id, Pangkalpinang— Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil menerima silaturahmi ulama, tokoh agama, tokoh pemuda dan berbagai organisasi di rumah dinas wali kota usai Salat Subuh, Senin (13/2/2023).

Silaturahmi tersebut memuat pokok pembahasan pembangunan masjid yang sedang dikerjakan dan tata kelola ke depannya. Seperti sarana toilet, tempat wudhu, penentuan arah kiblat dan petugas-petugas masjid.

Tampak hadir dari pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pangkalpinang, Ustaz Johan, Ketua MUI Ustaz Samsuni, Ustaz Fajar (BKPRMI), Ustaz Agustian (Ketua Pemuda Muhamadyah), Ustaz Kholil (Ketua FKUB), Buya Hendi Kurnia, Ustaz Iskandar (Ketua Yayasan Masjid Agung Kubah Timah), serta para ustaz dari pengurus DMI dan MUI se-Kota Pangkalpinang.

Rombongan ulama dan Wali Kota tersebut langsung meninjau lokasi pembangunan Masjid Agung Kubah Timah di eks gudang beras, tidak jauh dari rumah dinas wali kota. Selain itu tampak Plt Sekda Mie Go, Asisten II Suryo Kusbandoro, dan Plt Kadin Kominfo Febri Yanto ikut mendampingi wali kota.

“Kedatangan kita kali ini ke lokasi pembangunan masjid, diantaranya guna membahas rencana pembangunan tempat wudhu, letak toilet, sampai rencana penentuan arah kiblat,” ungkap Ketua MUI Pangkalpinang Ustadz Samsuni.

“Kemudian rencana tata kelola masjid tersebut dan soal eksistensi Yayasan Pembangunan Masjid Agung Kubah Timah. Nantinya SDM untuk tata kelola juga melibatkan yayasan tidak hanya dari Pemkot Pangkalpinang,” sambungnya.

Ustadz Samsuni mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim untuk seleksi mulai dari marbot, muadzin, imam, dan khatib.

“MUI juga bersama dengan tim-tim yang tergabung dalam yayasan ini berkolabarosi dengan pemerintah, antara ulama dan umara, bahwa inilah Pemerintah Kota Pangkalpinang dan ulama serius membangun tempat ibadah dengan harapan masjid ini menjadi ikon kebanggaan Kota Pangkalpinang ke depan,” terangnya.

Dia katakan, jika pembangunan masjid ini sudah selesai, bukan saja menjadi tempat ibadah bagi umat muslim. Namun menjadi wadah untuk membentuk kekuatan spiritual keimanan.

“Termasuk bila orang luar datang ke sini, tidak hanya kenal Kota Pangkalpinangnya semata tapi juga kenal Masjid Agung Kubah Timah,” harapnya.

“Insya Allah orang kenal Pangkalpinang, kenal Masjid Agung Kubah Timah. Mudah-mudahan masjid ini tidak hanya menjadi ikon tetapi menjadi kekuatan spiritual keimanan, Iptek dan Imtaqnya, iman taqwa kita masyarakat Pangkalpinang benar-benar masyarakat yang madani, masyarakat yang kondusif, walaupun kita berbeda agama tetapi kita selalu bersama-sama dalam membangun nagara ini khususnya Kota Pangkalpinang,” tegas Ketua MUI Pangkalpinang tersebut.

Sementara itu, Ketua Yayasan Masjid Agung Kubah Timah, DR Iskandar mengatakan bahwa masjid yang kini masih dalam proses pembangunan. Masjid ini memiliki manfaat luar biasa, mengingat lokasinya sangat strategis berada di tengah-tengah pusat kota.

“Saya yakin masjid ini akan bermanfaat luar biasa. Makanya mari sama-sama kita mendukung pembangunan masjid ini. Tentunya dukungan kita dengan doa dan dengan apa yang bisa kita lakukan, karena bagaimana pun membangun masjid ini tentu perlu dana dan tentu saja pemerintah daerah punya keterbatasan, yuk kita bersama-sama berinfak, bersedekah untuk mempercepat pembangunan masjid ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh ulama se-kota ini yang tiada henti memberinya dukungan moral.

“Alhamdulillah, kehadiran ulama ini semakin membuat saya semangat, kita tahu bahwa dalam mengagas pembangunan masjid tidak terlepas dari program dan kontra,” ujar Maulan Aklil kepada Bekawan.co.id.

“Kedatangan langsung para ulama, para ustaz, ini menjadi support yang sangat tinggi untuk saya dan membuat saya semakin bersemangat. Saya ucapkan terima kasih banyak, semoga masjid ini cepat selesai dan bisa bermanfaat di kemudian hari,” imbuhnya.

Reporter : Putri Anggun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *