Aksi Gabungan Komunitas Barongsai Meriahkan Perayaan Imlek Berhasil Hipnotis Ratusan Pasang Mata

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Atraksi pertunjukan Barongsai yang digelar di kawasan Simpang 5 Toboali, Bangka Selatan (Basel) pada Sabtu (21/1) tadi malam sukses memukau pasang mata masyarakat. Atrakasi dari Gabungan Komunitas Barongsai Toboali tersebut digelar guna memeriahkan Imlek 2023.

Ketua Cabang Olahraga (Cabor) Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (Fobi) Basel Wendy melalui Koordinator Lapangan Fendra Sugara mengatakan, atraksi pertunjukan barongsai di depan Balai Wisata Basel ini dilaksanakan memang untuk memeriahkan perayaan Imlek 2574 Kongzili di Kota Toboali.

“Ini memang agenda rutin tahunan kita, dan untuk tahun ini kami ambil bagian gelar pertunjukan bersama Barongsai Benteng Selatan, Sepulah Dewa dan Nam Chiang yang tergabung di Cabor Fobi Basel dinaungi KONI di halaman Balai Wisata Basel. Kita perlihatkan skil dan atraksi menarik di sini,” ungkapnya.

Meski atraksi ini sempat terhenti pasca hujan mengguyur, namun semangat para pemain tidak surut menampilkan skil dan atraksi terbaik masing-masing. Untuk itu, dirinya mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain barongsai yang terlibat dan ikut serta pada kesempatan ini.

“Saya juga bersyukur kondisi hujan tak membuat penonton beranjak di lokasi untuk menyaksikan penampilan dari barongsai kami. Memang atraksi dari empat grup gabungan ini menampilkan tema masing-masing yang membuat acara ini berbeda dari biasanya. Misal ada tema tradisional di sini,” katanya.

“Jadi untuk tema tradisional kita di sini membagikan mainan lato-lato. Kalau tema tiang atau tonggak membagikan jeruk yang di dalamnya berikan uang senilai 500 ribu kepada penonton serta jeruk yang dibagikan itu tidak semua berisi tetapi hanya beberapa saja,” Fendra menambahkan.

Selain itu, ia juga menyebut permainan barongsai biasanya digelar di Klenteng Dewa Sakti Simpang Teladan setiap tahunnya atau datang ke rumah-rumah masyarakat. Namun kali ini di Balai Wisata dan antusiasme masyarakat cukup tinggi menyaksikan pertunjukan. Artinya semua orang bisa ikut bermain barongsai,” jelasnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *