Example floating
Example floating
Bangka Tengah

Budidaya Ikan Air Tawar Cenderung Lebih Stabil, Imam : Pembudidaya Harus Fokus Pada Komoditi Yang ada.

×

Budidaya Ikan Air Tawar Cenderung Lebih Stabil, Imam : Pembudidaya Harus Fokus Pada Komoditi Yang ada.

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bekawan.co.id, Bangka Tengah – Sumber daya manusia merupakan sumber utama yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan dalam menunjang peningkatan di berbagai sektor, tak terkecuali pada sektor perikanan.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan Bangka Tengah akan terus meningkatkan sumber dayanya, baik itu sumber daya ikan maupun sumber daya manusianya.

Example 300x600

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi bahwa Bangka Tengah akan terus meningkatkan SDMnya, baik secara pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya.

“Kita punya program rutin yang setiap tahunnya kita selenggarakan untuk memberikan pembinaan serta penyuluhan kepada masyarakat khususnya masyarakat Bangka Tengah,” ujarnya kepada Bekawan.co.id, Rabu (18/1/2023).

Ia juga menyarankan untuk para pembudidaya ikan, hal yang sangat perlu dilakukan untuk mengembangkan budidayanya adalah harus bisa fokus pada komoditi yang ada.

“Karena yang kita ketahui, budidaya ikan air tawar ini cenderung stabil, dibandingkan ikan air laut. Tentunya, yang perlu diperhatikan juga adalah pengembangan kapasitasnya,”jelasnya.

“Misalkan punya lele, maka fokuskan saja dan konsisten pada komoditi tersebut,” sambungnya.

Imam mengatakan kondisi masyarakat kita sendiri, jika ada musim cabe semuanya ikut nanam cabe, namun ketika harga cabe jatuh, masyarakat beralih ke lain lagi.

“Maka dari itu, manfaatkan sebaik mungkin komoditi yang telah ada karena jika hal tersebut dilakukan dengan konsistensi yang baik, maka perkembangan juga akan tetap terjaga,” ucapnya.

Tak hanya itu, yang harus diperhatikan juga adalah ada banyak segment yang menjadi acuan konsistensi masyarakat khususnya para pembudidaya diantaranya pembenihan, pendederan dan juga pembesaran.

“Banyak orang bilang, kalo sudah pembenihan gak akan besar, maka dari itu harus fokus, karena jika pembudidaya mainnya dipembesaran maka ketika masuk ke pembenihan berbeda lagi,” jelasnya. (Robie)

 

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *