Hari Dongeng Sedunia 2023, Kampung Dongeng Gelar Ayah Bunda Pemandu Wisata Imajinasiku

0
Share

Bekawan.co.id, Pangkalpinang — Kehadiran ayah bunda dalam keluarga sangat dinantikan oleh setiap anak, sebagai pelabuhan terakhir bagi mereka untuk bercerita dan berkeluh kesah. Anak-anak membutuhkan pemandu untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas seiring pertumbuhan dan perkembangan usia.

Menyambut Hari Dongeng Internasional 20 Maret 2023, Kampung Dongeng menggelar serangkaian kegiatan untuk memfasilitasi Ayah Bunda agar menjadi Pemandu Wisata bagi anak-anak di seluruh Indonesia dengan tema “Ayah Bunda Pemandu Wisata Imajinasiku.”

Kegiatan yang terdiri dari aktivitas untuk anak-anak seperti fun games, lomba, mendengarkan dongeng, dan kreativitas, serta workshop mendongeng dan perumusan program Rumah Ramah Anak bagi Ayah Bunda sebagai pemandu imajinasi tersebut dilaksanakan serentak di 100 titik Kampung Dongeng di seluruh Indonesia.

Kampung Dongeng Bangka Belitung melaksanakan kegiatan ini pada tanggal 18 Maret 2023 di Gallery Ruang Melati yang berlokasi di kota Pangkalpinang, provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara ini dihadiri oleh 70 orang yang terdiri dari anak dan orangtuanya.

Awam Prakoso, founder dan Ketua Umum Kampung Dongeng Indonesia, menyebut bahwa salah satu tujuan utama dari kegiatan tersebut antara lain untuk meningkatkan kualitas dan intensitas keakraban antara anak dan orangtua melalui berbagai kegiatan, “dengan sampel kegiatan yang kita laksanakan,” kata Kak Awam, “kita berharap Ayah Bunda bisa mempraktikannya di rumah masing-masing bersama buah hati.”

Sebagai komunitas yang mengakar rumput menyentuh langsung keseharian anak-anak dan orangtua, Kampung Dongeng terus memberikan edukasi untuk menghebatkan anak Indonesia melalui beragam kegiatan, salah satunya dengan dongeng. Melalui cerita-cerita yang disampaikan oleh para relawan juga Ayah Bunda, kak Awam berharap imajinasi anak Indonesia terus berkembang sesuai dengan pertumbuhan usianya.

Bunda Melati Erzaldi selaku Pembina Komunitas Kampung Dongeng Bangka Belitung memberikan dukungannya dengan menyediakan tempat yang nyaman untuk pelaksanaan kegiatan Hari Dongeng Sedunia tahun 2023 di Bangka Belitung ini.

“Ayah Bunda harus terlibat aktif dalam memberikan pendidikan bagi anak. Dongeng menjadi salah satu media untuk mengembangkan berbagai pengetahuan, sikap dan prilaku anak melalui kegiatan yang menyenangkan. Ayah bunda menjadi pemandu wisata imajinasi bagi buah hati harus menjadi gerakan bersama penuh kesadaran diri demi anak hebat untuk negeri. Saya mendukung sepenuhnya gerakan penuh kebaikan ini,” ungkap Bunda Melati.

Kampung Dongeng Bangka Belitung melibatkan para Pendongeng Cilik Indonesia angkatan ke dua sebagai pengisi acara hiburan untuk peserta. Sementara orangtua mendapatkan pelatihan singkat untuk memantik semangat sebagai pemandu wisata imajinasi buah hatinya nanti di rumah.

“Kita ingin semua anak Indonesia hebat. Tumbuh menjadi insan berkarakter yang memiliki integritas dan siap bersaing di masa depan. Dan yang paling penting, akan tercipta bonding, ikatan yang luar biasa kuat antara ayah bunda dan buah hati_hingga sampai kapan pun, masing-masing selalu merasa bangga dan memiliki satu sama lain,” tutupnya.

Reporter : Putri Anggun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *