Pemdes Tanjungsangkar Salurkan BLT Tahap Satu kepada 56 KPM

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Puluhan masyarakat kategori miskin ekstrem di wilayah Desa Tanjungsangkar, Kecamatan Lepar, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Bangka Belitung (Babel) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap satu pada Jumat (3/3) kemarin.

Kepala Desa Tanjungsangkar Iswandi mengungkapkan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BLT pada tahap satu ini sebanyak 56 orang. Masing-masing KPM menerima dana bantuan sebesar Rp900 ribu periode 3 bulan yaitu Januari, Februari dan Maret dengan besaran per bulan Rp300 ribu.

“Benar pada Jumat kemarin kami telah menyalurkan BLT tahap satu kepada 56 KPM dengan kategori masyarakat miskin ekstrem. Dalam artian mereka penerima ialah masyarakat lanjut usia, mengidap penyakit menahun dan tidak bisa bekerja lagi secara aktif,” ujar Iswandi dikonfirmasi, Selasa (7/3).

Di samping itu, mereka yang menerima BLT tersebut yang belum pernah dapat bantuan sama sekali dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Di mana 56 orang penerima ini sudah sesuai keputusan bersama yang dilaksanakan beberapa pekan kemarin tingkat desa.

“Dan yang pasti penyaluran BLT kepada 56 orang ini sudah sesuai aturan dari pusat untuk mengalokasikan dana desa maksimal 25 persen, dan aturan tahun ini, beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dialokasikan sebesar 40 persen. Jadi tahun ini kita hanya 56 orang yang dapat BLT,” ungkapnya.

“Kalau tahun kemarin itu beda, mereka yang menerima BLT sampai 65 orang. Untuk tahap dua BLT tahun ini mungkin di bulan April, tapi tergantung dana yang masuk ke rekening desa, kalau di bulan empat masuk, kita koordinasikan dulu ke Dinas PMD, baru nanti kami salurkan ke penerima,” ujar Iswandi.

Iswandi berharap, BLT yang diterima ini dapat bermanfaat dan meringankan sedikit beban masyarakat khususnya para KPM ini. Namun ia berpesan agar menggunakan uang ini dengan baik, untuk kebutuhan dasar rumah tangga, bukan sebaliknya dibelanjakan dengan barang yang tidak terlalu penting.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *